"There is no path to peace. Peace is the path."
(Mahatma Gandhi)

Tuesday 7 May 2013

Ib Version 1.04 & 1.05


Adakah yang pernah mendengar tentang Ib?

Cara membaca namanya adalah 'Eeb.' Sering juga disebut sebagai Eve, tapi sebenarnya nama tokoh utama dalam game horor berjudul sama ini adalah Ib. Iya, Ib itu game horor. Role-play game tepatnya. Saya diperkenalkan oleh teman-teman sesama otaku saya tahun 2012 akhir, sekitar bulan Oktober atau November. Penciptanya adalah kouri, orang Jepang. Game ini memang buatan Jepang, tapi untungnya sudah di translate oleh seseorang yang bernama vgperson. 

Game ini bercerita tentang seorang gadis berumur 9 tahun bernama Ib (foto kanan) yang datang ke sebuah pameran lukisan dari pelukis bernama Guertena bersama kedua orangtuanya. Ketika ia melihat sebuah lukisan berjudul Fabricated World, tiba-tiba saja seluruh ruangan menjadi gelap dan orang-orang di sana menghilang. Ib lalu terjebak dalam dunia lukisan Guertena. Ia bertemu dengan seorang pemuda berambut  ungu bernama Garry.

Mereka juga bertemu dengan seorang gadis berambut pirang dan bermata biru bernama Mary. Awalnya perjalanan Ib terasa lebih ringan dengan kehadiran Garry dan Mary. Tapi ternyata, salah satu dari sahabat baru Ib itu menyimpan rahasia besar yang berkaitan dengan Guertena, sang pelukis.

Apakah rahasia besar itu? Dan bagaimanakah Ib bisa keluar dari sana?

Di versi yang pertama saya mainkan (1.02), Ib memiliki 5 alternatif ending. Ending apa yang kita dapatkan berkaitan dengan pilihan-pilihan yang kita buat selama game berlangsung (ingat, ini RPG). 5 ending tersebut adalah: Promise Of Reunion, Memory's Crannies, Together Forever, Forgotten Portrait, dan Ib All Alone. Kemudian, saya mendengar bahwa versi 1.04, versi terbaru dari Ib sudah dirilis. Versi ini memiliki 2 ending baru: A Painting's Demise dan Welcome To The World Of Guertena. Tentu, tidak akan seru jika saya membocorkan semuanya, jadi saya akan memberikan Anda dua gambar yang dapat menggambarkan keduanya secara garis besar.
Mary, A Painting's Demise ending

Mary, A Painting's Demise Ending





(dari kiri) Garry, Mary, & Ib. Welcome To The World Of Guertena ending.


Nah, sudah bisa agak menebak bukan, bagaimana kedua ending baru tersebut? Selain 2 ending baru, Ib versi 1.04. juga punya tambahan ruangan, yaitu sebuah ruang bawah tanah yang penuh dengan teka-teki dan logika. Jujur, saya nge-spoil juga sih :p Dan sepertinya ruang bawah tanah di versi 1.04 ini susaaah banget. Tapi seru kok, saya jamin he-he-he. Kalau kalian nggak kuat main sendiri, main bersama teman juga bisa, malah jadi bisa berbagi kekagetan dan ketakutan (?) he-he. Saya sendiri sih, baru punya versi 1.02, berhubung saya masih belum biasa dengan versi 1.04, mungkin saya akan menggunakan walkthrough sementara jika saya memainkan versi 1.04 nanti. 

Salah satu bagian di Ib's New Dungeon (ruang bawah tanah di versi 1.04)

Lalu saya mengecek lagi ke tumblr-nya vgperson (yang men-translate game ini), ternyata sudah ada versi 1.05! Vgperson (nama aslinya Kate, dan dia seorang perempuan) menyatakan bahwa di versi ini, bagian ruang bawah tanah yang saya bilang susaaahhh banget itu akan dipermudah. Dia juga mengatakan bahwa kouri, sang pembuat Ib, telah mengkonfirmasi bahwa ia belum mempunyai rencana melakukan update lagi. Jadi, bisa dibilang, versi 1.05 adalah versi terbaru, meski saya lihat dari komentar orang masih ada sedikit bugs. Tapi keseluruhan, versi 4 dan 5 adalah yang terlengkap. 

Eh, setelah ngomong sepanjang ini, saya bahkan belum memberitahu di mana download Ib ya? Hehehe, silahkan kunjungi website vgperson, yaitu di sini.  Lihat saja petunjuknya, dia sudah pakai bahasa Inggris kok. Kalau kouri sendiri, website miliknya adalah ini, tapi semuanya dalam bahasa Jepang. Well, saya suka anime, manga etc tapi bahasa Jepang saya masih jauh dari bagus. Jadi saya pun masih kurang mengerti ketika membaca web kouri.

Oke, saya harap Anda tertarik dengan game ini, karena Ib memang ber-genre horor, tapi horor di dalam Ib adalah horor yang berkelas dan keren. Such a great epic. Apalagi, theme song dari Ib yaitu Memory. Lagunya sungguh menyentuh dan mellow. Mau dengar, seperti apa lagunya? Silahkan buka tumblr saya, saya pasang lagu itu sebagai back sound. *sekalian promosi* Selain itu, game ini juga bisa melatih keberanian dan logika kita, lho. Kita harus pintar-pintar memberi jawaban agar bisa mendapatkan ending yang kita inginkan, baik ending yang membahagiakan atau menyedihkan. 

Oh ya, kalau Anda sudah mencoba bermain Ib, beritahu saya juga ya. Kita bisa diskusi bareng tentang Ib 'kan, he-he-he. Dan jangan lupa, meskipun main Ib mengasyikkan, jangan lupa waktu. Tetap ingat untuk beribadah, belajar, makan, tidur, dan melakukan hal lainnya. 

Happy playing! 
(NB: Ib's Memory Theme Song. So touchy.)

1 comment: