"There is no path to peace. Peace is the path."
(Mahatma Gandhi)

Saturday 5 May 2012

The Great Detectives (Part 2)

Alex Rider
By: Anthony Horowitz

Alex Rider! :DD
Ini adalah novel yang sedang saya sukai. Dengan genre sci-fi, adventure, family, friendship, dan sedikit angst serta romance, Alex Rider yang ditulis oleh Anthony Horowitz mampu membuat saya penasaran apa yang akan terjadi berikutnya. Meski di Indonesia, sepertinya novel ini belum dialihbahasakan. Saya baru membaca novel pertama: Stormbreaker, dan novel kedua: Point Blank. Sebenarnya ada 9 judul dari serial ini.



Gambar di atas adalah editan film Stormbreaker yang saya buat, diadaptasi dari novel pertama Alex Rider. Di film ini Alex Rider diperankan oleh Alex Pettyfer.
(sama-sama Alex ya, hehehe...)

Alex Rider bercerita tentang seorang pemuda yatim piatu berumur 14 tahun. Ia hanya tinggal bersama sang paman, Ian Rider, dan penjaga rumahnya, Jack Starbright. Suatu ketika, Ian Rider dikabarkan meninggal karena kecelakaan mobil, namun Alex menyelidiki dan menemukan beberapa kejanggalan aneh. Ternyata pamannya adalah agen MI6, badan intelijen negara Inggris. Alex pun direkrut oleh Alan Blunt, pimpinan MI6 untuk menjadi seorang mata-mata.

Awalnya Alex menolak, tetapi Alan memberikan semacam blackmail (ancaman). Jack, penjaga rumah Alex---dan satu-satunya keluarga yang tinggal bersamanya---akan dideportasi kembali ke Amerika karena visanya yang nyaris expired, jika Alex tidak bergabung.

Dengan sedikit terpaksa Alex bergabung.

Ternyata banyak misteri yang belum Alex ketahui tentang Ian Rider, sang paman, maupun keluarganya sendiri. Dan semua itu akan terungkap di dalam kesembilan novel ini.

Meskipun bercerita tentang agen rahasia, saya menganggap ini sebagai cerita detektif juga. Seru, menegangkan, cukup sadis (karena itu hanya boleh dibaca umur 10 tahun ke atas), namun diksi yang digunakan Anthony Horowitz sangat mudah dicerna dan tidak bertele-tele.

No comments:

Post a Comment